Text
Pendidikan Karakter Berbasis Sistem Islamic Boarding School
Materinya dianalisis menggunakan perspektidalam batsapa teoretik dan pendekatan filosofis, sosiologis, psikologis, dan islami. Oleh karena itu, buku ini sangat tepat bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian tugas akhir, seperti skripsi (S-1). tesis (S-2), atau disertasi (S-3). Selain itu, buku ini juga dapat dijadikan rujukan bagi pendidik dan peserta didik yang bersekolah atau mengajar di sekolah berbasis islamic boarding school.rnrnDalam buku ini membahas materi-maten berikutrnrnPendahuluan yang membahas isu-isu aktual yang sedang berkembang dan dikorelasikan dengan kajian teoretik dan praktik di lapangan seputar pendidikan karakter berbasis sistem islamic boarding schoolrnrnKonsep pendidikan karakter, meliputi a) definisi, persamaan, dan perbedaan istilah- istilah yang digunakan dalam pendidikan karakter, b) definisi pendidikan karakter, c) dasar hukum pelaksanaan pendidikan karakter, d) urgensi pendidikan karakter di sekolah, e) urgensi salat khusuk dalam pembentukan karakter peserta didik, f) nilai- nilai karakter yang dikembangkan di sekolah, g) implementasi pendidikan karakter di sekolah, h) model pendidikan karakter di sekolah, i) dampak pendidikan karakter terhadap kualitas lulusan sekolah, dan j) pendidikan karakter dalam perspektif multidisipliner,rnrnSistem islamic boarding school, meliputi definisi, urgensi, unsur-unsur atau elemen sistem islamic boarding school, tipologi pendidikan islamic boarding school, dan nilai-nilai karakter Islami yang dikembangkan di sekolah berbasis sistem islamic boarding schoolrnrnPotret pelaksanaan pendidikan karakter berbasis sistem islamic boarding school berdasarkan pengamatan di lapangan, meliputi a) profil sekolah, b) nilai-nilai karakter yang dikembangkan di sekolah, c) pelaksanaan pendidikan karakter, d) hasil amatan situs I dan situs II; e) pengembangan model pendidikan karakter berbasis sistem islamic boarding school dan dampaknya terhadap mutu pendidikan; f) bangunan konseptual, dan g) proposisi;rnrnPendidikan karakter berbasis sistem islamic boarding school dapat meningkatkan kecerdasan integratif seseorang apabila pembelajarannya mengintegrasikan empat lingkungan (masjid, asrama, alam, dan kelas) melalui pendekatan sistemik-integratif dan model Habitualisasi-Humanistik-Integartif (HHI).
| PENDKARBOARD1 | Tersedia | ||
| PENDKARBOARD2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain